-
14 Oktober 2023 10:10 pm

5 Ide Bisnis yang Cocok Dijalankan untuk Anak-Anak


Menanamkan pengalaman bisnis kepada anak-anak dapat dilakukan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dan berjuang sejak dini. Aktivitas jual beli misalnya, ajarkan kepada anak Anda bagaimana caranya untuk membeli dan menjual suatu barang. Melalui kegiatan tersebut, anak akan mendapatkan banyak wawasan dan pembelajaran baru yang tidak didapatkan di sekolah.

Satu hal yang harus digaris bawahi yaitu jangan sampai kegiatan bisnis ini mengganggu kewajibannya sebagai seorang murid dan pelajar. Penting bagi Anda untuk memberikan pengertian sebaik mungkin tentang apa itu bisnis dan kapan waktu yang tepat untuk menjalaninya. Bahkan secara perlahan juga Anda dapat mengajarkan bagaimana caranya mengatur waktu dengan baik dan bermanfaat.

Bagi Anda yang ingin mengajarkan bisnis kepada anak-anak, berikut ini terdapat 5 ide bisnis yang cocok untuk Anak.

1. Menjual dan membuat kerajinan tangan
Membuat kerajinan tangan dapat menjadi salah satu ide bisnis yang dapat dijalankan oleh anak-anak. Selain dapat menambah pendapatan uang jajan, membuat kerajinan juga dapat melatih kreatifitas dan keterampilan anak. Beberapa contoh produk kerajinan tangan diantaranya adalah membuat tempat alat tulis dari kaleng bekas, patung tanah liat, gelang makrame, dan lain sebagainya.

2. Berjualan makanan atau snack
Beberapa pelajar pastinya sudah tidak asing dengan ide bisnis ini. Selain karena bahan-bahan yang mudah didapat, menjual snack juga dapat dibeli di toko kelontong terdekat. Snack juga terkesan lebih ringan, simpel dan mudah untuk dibawa saat berjualan.

3. Bisnis penyewaan buku
Slah satu bisnis yang dapat dijalankan tanpa modal adalah dengan membuka jasa penyewaan buku atau majalah. Menyewakan buku juga dapat membuka lebih luas wawasan sekaligus sebagai hiburan bagi pembacanya.

4. Menjual Aksesoris
Anak-anak memang identik dan senang dengan hal-hal kecil dan unik. Dengan begitu, Anda dapat mencoba untuk menjual aksesoris lucu dan unik untuk menarik perhatian mereka. Beberapa contoh produk unik tersebut adalah kuncir rambut, manik-manik, stiker, dan lain sebagainya.

5. Menjual pulsa atau paket data
Di era serba digital saat ini pasti setiap orang membutuhkan paket internet untuk menjalani akivitas sehari-hari. Bahkan pada pendidikan sekolah dasar pun sudah menggunakan HP untuk membantu kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat dijadikan peluang usaha sepeti berjuan pulsa atau paket data kepada sesama pelajar.

Diatas adalah beberapa ide bisnis yang cocok dijalankan untuk anak-anak. Sebagai orang tua, Anda harus tetap memantau kegiatan bisnis anak agar dapat berjalan lancar dan dimanfaatkan sebaik mungkin. Salah satu tools yang dapat Anda gunakan untuk mengelola bisnis adalah Aktivamu.

Financial Startup by Aktivamu adalah template keuangan otomatis yang menyediakan 3 laporan keuangan yaitu laporan laba rugi, neraca, dan arus kas. Selain laporan keuangan, Aktivamu menyediakan fitur pendukung lain untuk kelancaran bisnis seperti manajemen utang piutang, kalkulator perhitungan PPN, hingga pencatatan manajemen stok dan persediaan.

Demikian informasi ide bisnis diatas, semoga bermanfaat dan dapat diterapkan pada bisnis Anda ya!
Blog Post Lainnya
Berikut Tips untuk Membangun Brand Sendiri!Apakah Anda memiliki cita-cita mempunyai brand sendiri? tapi kurang percaya diri untuk membuat dan mengembangkannya? Jangan khawatir, artikel ini membahas tentang bagaimana caranya membangun dan membuat brand sendiri untuk mewujudkan cita-cita Anda! Membuat brand memang terdengar sulit, namun perlu diketahui bahwa dalam pembuatan brand harus memperhatikan kesadaran khalayak terhadap keberadaan brand. Dengan kata lain, bisnis akan selalu dikenal dengan adanya pengaruh dan solusi untuk masyarakat yang tak dikenal oleh waktu sehingga dapat menimbulkan loyalitas. Berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan untuk membuat brand sendiri, check this out! 1. Riset target pasar. Hal pertama yang harus ditentukan untuk membuat brand adalah menentukan target pasar. Siapa dan apa karakteristik tujuan yang akan membeli produk Anda nantinya perlu diketahui untuk menentukan pasar. Beberapa hal yang harus diteliti lebih lanjut mengenai target pasar adalah umur, jenis kelamin, hobi, dan lain
Pengertian Frugal Living dan Manfaatnya Bagi Kondisi KeuanganSalah satu istilah lifestyle yang saat ini sedang trend adalah frugal living. Gaya hidup frugal living banyak memberi manfaat bagi perencanaan keuangan pribadi maupun keluarga, salah satunya untuk mencapai financial freedom. Supaya lebih faham dan mengenal istilah frugal living, berikut ini adalah penjelasannya! Frugal living adalah gaya hidup seseorang yang perduli dan sadar akan keperluannya untuk menghabiskan pengeluarannya. Melalui gaya hidup ini, seseorang akan menggunakan keuangannya untuk sesuatu hal yang dilihat dari kualitas dan manfaatnya. Jadi, sekiranya barang tersebut tidak terlalu dibutuhkan maka Ia tidak akan membelinya. . Sekilas terlihat bahwa gaya hidup frugal living termasuk sikap yang pelit akan sesuatu, namun keduanya sangat jelas berbeda. Frugal living lebih mengedepankan hemat dan kebutuhan dibanding memenuhi keinginannya. Oleh karena itu, diperlukan tujuan dan perubahan pola pikir terhadap pengelolaan keuangan untuk menerapkan gaya hidup yang satu ini. .
3 Trik dan Cara Manajemen Bisnis Agar Lebih MenguntungkanMemiliki sebuah bisnis atau menjadi seorang pengusaha memang harus memiliki persiapan yang matang. Beberapa persiapan tersebut bertujuan untuk mempermudah Anda memperoleh kesuksesan. Salah satu bentuk kesiapan dalam menjalani bisnis adalah dengan cara menerapkan manajemen bisnis yang tepat. Beberapa trik dan cara untuk melakukan manajemen bisnis yang tepat diantaranya dijelaskan pada poin dibawah ini. Simak ya! 1. Kenali dan kuasai hal-hal yang berkaitan dengan bisnis Anda. Jika Anda sudah memilih bidang bisnis yang sesuai dengan kriteria, maka pastikan kembali untuk mengetahui dan menguasai seluruh hal-hal yang berkaitan dengan bidang Anda. Hal ini dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan Anda untuk menangani bisnis. Tentunya dengan keterampilan yang apik dan baik, Anda dapat menjelaskan dengan detail tentang bagaimana perusahaan Anda kepada investor sehingga dapat membuat mereka lebih tertarik untuk berinvestasi pada bisnis Anda. 2. Fokus dengan satu tujuan dan memanfaatkan
Media Sosial
Bantuan
+62 812 9515 9129
+62 852 1834 3551
hi@aktivamu.com
Dramaga Cantik Residence 2, Blok C3, No. 11, Dramaga, Bogor, Jawa Barat, Indonesia 16680
Metode Pembayaran
-
-
-
-
-
-
-
-
-
©- 2024 PT. Aktiva Multi Teknologi. All Rights Reserved.